12 Kemungkinan Penyebab Nyeri Ovarium Dan Panggul Bawah

Hallo selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam bagi para pengunjung di beda waktu 🙂 Kali ini kita akan membahas hal yang sering dikeluhkan para wanita, judulnya ialah 12 Kemungkinan Penyebab Nyeri Ovarium Dan Panggul Bawah

Hal ini penting bagi semua wanita untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dalam tubuh mereka, terutama ketika datang ke sistem reproduksi kita. Biasakan, kita mencatat siklus menstruasi kita, secara teratur memeriksa payudara kita untuk mengetahui jika terdapat benjolan, dan membuat pemeriksaan teratur dengan dokter kandungan / ginekolog.

Sekilas Mengenai Ovarium

Ovarium memainkan peran penting dalam sistem reproduksi kita. Mereka bertanggung jawab untuk pelepasan banyak hormon, termasuk estrogen, dan setiap bulan mereka melepaskan telur yang dimaksudkan untuk pemupukan.

Ovarium terletak di daerah panggul tubuh di sisi berlawanan dari rahim. Jadi, jika Anda memiliki rasa sakit ovarium, Anda akan merasakan sakit juga pada area bawah pusar atau antara pinggul Anda.

12 Kemungkinan Penyebab Nyeri Ovarium Dan Panggul Bawah

12 Kemungkinan Penyebab Nyeri Ovarium Dan Panggul Bawah

Nyeri ovarium dapat mempengaruhi perempuan dalam cara yang berbeda dan memiliki banyak kemungkinan penyebabnya. Rasa sakit dapat akut atau kronis.

Nyeri ovarium akut dapat terjadi dengan cepat dan kemudian pergi, kadang-kadang dalam beberapa menit, atau kadang-kadang setelah beberapa hari.

Sakit kronis di panggul yang berlangsung lebih dari 6 bulan. The American College of Obstetricians dan Gynecologists mengatakan bahwa nyeri panggul kronis dapat datang dan pergi atau konstan. Hal ini juga dapat mengikuti pola yang teratur, misalnya, selama periode Anda, atau setelah makan, ketika buang air kecil, atau selama hubungan seksual.

Sakit kronis di ovarium dapat berkisar dari yang sangat ringan sampai sangat parah, meskipun begitu, pasti dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda.

Dalam rangka untuk mencari penyebab rasa sakit, dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan yang biasanya dilakukan termasuk:

  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan USG
  • Mengambil darah dan / atau urin
  • Mengacu Anda untuk pergi ke dokter kandungan atau ginekolog

Mari kita lihat kemungkinan penyebab nyeri ovarium.

1. Kista ovarium

Ada sejumlah kista ovarium yang dapat menyebabkan rasa sakit ovarium dan ketidaknyamanan di daerah panggul. Pada dasarnya, suatu kista ovarium adalah kantung kecil di ovarium Anda yang membengkak dengan cairan.
Jenis lain dari kista ovarium adalah: Kista endometrioma, Kista dermoid, Ovarium polikistik, Kista cystadenoma

Baca juga : Obat Kista Ovarium Tradisional

2. Tumor Ovarium

Dr William Hamilton, dosen senior di University of Bristol, menerbitkan sebuah laporan mengenai tanda-tanda awal kanker ovarium. Dia mengidentifikasi 3 tanda-tanda peringatan dini yang umum dan banyak terjadi pada perempuan yang kemudian didiagnosis dengan kanker ovarium. Ini adalah – nyeri perut, distensi abdomen (peningkatan progresif dalam ukuran perut), dan sering buang air kecil. 4 Hal ini juga mencatat bahwa gejala-gejala ini dikembangkan selama 3 sampai 4 minggu..

3. Endometriosis

Endometriosis dapat menyebabkan sakit parah di daerah panggul yang terasa seperti nyeri ovarium. Hal ini terjadi ketika jaringan garis rahim Anda mulai tumbuh di luar, seperti pada ovarium, kandung kemih, usus, atau bagian lain dari tubuh. Ketika bentuk jaringan endometrium di ovarium dapat menyebabkan kista. Hal ini juga dapat menyebabkan sakit parah selama periode menstruasi Anda.

4. Peradangan Panggul

Penyakit radang panggul terjadi ketika organ reproduksi menjadi terinfeksi. Penyakit radang panggul adalah biasanya merupakan komplikasi dari penyakit menular seksual seperti gonore dan / atau klamidia. Pada kasus yang parah, infeksi dapat menyebabkan abses yang membutuhkan orang yang mengidap dirawat di rumah sakit.

5.  Sindrom Sisa Ovarium

Sindrom sisa ovarium adalah kondisi langka yang dapat mempengaruhi beberapa wanita yang telah memiliki ooforektomi. Sebuah ooforektomi adalah di mana salah satu atau kedua ovarium diangkat. Kondisi ini disebabkan karena bagian dari ovarium keliru tertinggal setelah operasi.

6. Mittelschmerz

Beberapa wanita mengalami nyeri perut bagian bawah selama periode ketika ovulasi terjadi. Ini disebut mittelschmerz (kata Jerman yang berarti “rasa sakit tengah“). Hal ini kadang-kadang disebut sebagai “nyeri ovulasi” atau “nyeri pertengahan siklus.”

Kemungkinan penyebab lain dari nyeri panggul bawah

Dalam beberapa kasus nyeri ovarium mungkin membuat bingung dengan nyeri panggul bawah. Mari kita lihat beberapa alasan lain mengapa Anda bisa menderita nyeri panggul bawah yang tidak terhubung dengan ovarium.

7. Fibroid Rahim

Fibroid Uterus adalah pertumbuhan abnormal yang umumnya jinak dan dapat mengembangkan di dalam otot rahim. Tergantung pada ukuran dan lokasi fibroid, Anda bisa mengalami berbagai gejala termasuk ketidaknyamanan panggul atau nyeri.

8. Sindrom Iritasi Usus

Masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus dapat menyebabkan berbagai tingkat rasa sakit dan ketidaknyamanan di wilayah perut bagian bawah. Biasanya, rasa sakit yang terkait dengan serangan diare dan / atau sembelit.

9. Radang Usus Buntu

Apendisitis atau radang usus buntu dapat menyebabkan nyeri tumpul di dekat pusar yang secara bertahap akan lebih tajam ke arah perut kanan bawah. Hal ini biasanya disertai dengan demam tinggi, mual, pembengkakan perut dan kehilangan nafsu makan.

Baca juga : Cara Mengobati Radang Usus Buntu

10. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik terjadi ketika implan telur dibuahi suatu tempat di luar rahim dan mulai tumbuh. Hal ini biasanya terjadi di saluran tuba yang membawa telur dari ovarium ke rahim. Dalam beberapa kasus, bagaimanapun, kehamilan ektopik terjadi di rongga perut, ovarium atau serviks.

11. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

ISK adalah infeksi di bagian manapun dari sistem kemih Anda, tetapi sebagian besar jenis ISK melibatkan saluran kemih bawah – kandung kemih dan uretra. Salah satu gejala dari ISK adalah ketidaknyamanan pada panggul.

Baca juga : Obat Infeksi Saluran Kencing  

12. Batu ginjal

Batu ginjal dapat menyebabkan gejala antara lain; rasa sakit yang menyebar ke perut bagian bawah dan pangkal paha.

Baca juga : Obat Herbal Untuk Batu Ginjal

Seperti yang Anda lihat, ada banyak penyebab yang berbeda dari rasa sakit ovarium, dan dalam beberapa kasus rasa sakit yang berasal dari panggul bawah daripada ovarium itu sendiri, seperti yang Anda telah baca 12 kemungkinan penyebab nyeri ovarium dan panggul bawah. Beberapa kondisi ini lebih serius daripada yang lain. Tapi jika Anda tidak yakin penyebab rasa sakit, atau rasa sakit terus datang kembali atau jika sakit parah, Anda harus memastikannya ke dokter.

12 Kemungkinan Penyebab Nyeri Ovarium Dan Panggul Bawah

Jus Ace Maxs

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.

DAPATKAN POTONGAN HARGA minimal pembelian 3 botol KLIK DISINI