Manfaat Kesehatan Dari Pengobatan Terapi Lintah

Jus Ace Maxs || Terapi lintah telah menjadi pengobatan yang sangat populer untuk berbagai penyakit sejak zaman kuno. Saat ini, pengobatan terapi lintah atau (hirudotherapy) merupakan pengobatan yang kembali ke obat kontemporer dengan aplikasi yang lebih sedikit, yang terbukti dan didukung oleh sejumlah besar studi ilmiah dan laporan beberapa kasus. Pada tahun 2004, Food and Drug Administration (FDA) menyetujui lintah untuk tujuan pengobatan. Pada artikel kali ini kita akan membahas hal tersebut dengan judul Manfaat Kesehatan Dari Pengobatan Terapi Lintah

Terapi Lintah dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manfaat Kesehatan Dari Pengobatan Terapi Lintah

Terapi lintah adalah pengobatan yang umum digunakan sekitar 1500 SM yang lalu. Selama ini, terapi lintah begitu populer dan banyak digunakan hampir di setiap bagian di dunia. Pada awal abad kesembilan puluh, terapi lintah sangat populer sehingga lintah menjadi spesies yang terancam punah. Terapi lintah berhenti di abad ke-20 karena tidak memenuhi peraturan medis modern.

Pada pertengahan abad ke-20, terapi lintah lebih cerdas dan telah digunakan dalam prosedur pembedahan, pengobatan penyakit pembuluh darah, migrain dan arthritis. Lintah yang digunakan saat ini disebut lintah obat atau (Hirudo medicinalis). Lintah obat telah ditemukan untuk mengeluarkan air liur yang mengandung sekitar 60 protein yang berbeda. Ini mencapai berbagai macam tujuan berguna yang berguna, yaitu membantu menjaga darah dalam bentuk cair dan meningkatkan aliran darah di daerah yang terkena penyakit.

Manfaat Kesehatan Dari Pengobatan Terapi Lintah

Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari pengobatan terapi lintah yang umum digunakan saat ini :

1. Manfaat Terapi Lintah Untuk Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah sekelompok gangguan kronis yang mempengaruhi sistem kardiovaskular termasuk jantung, pembuluh darah dan arteri.

Pengobatan terapi lintah (Hirudotherapy) dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk gangguan kardiovaskular karena air liur pada lintah dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan hiperalgesia (peningkatan kepekaan terhadap rasa sakit) di jaringan ikat.

Menurut sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam Review Pengobatan Alternatif, memasang lintah secara topikal dapat meningkatkan kemampuan berjalan lansia, mengurangi rasa sakit dan pembengkakan kaki , dan mengembalikan warna kulit kembali normal pada pasien dengan flebitis, suatu kondisi di mana pembuluh darah jauh di dalam kaki dipengaruhi oleh bekuan darah. Metode yang digunakan dalam studi ini, termasuk penerapan 4 sampai 6 larut langsung ke daerah yang terinfeksi.

Baca juga : Pengobatan Rumahan Untuk Menyembuhkan Divertikulitis

Air liur lintah efektif dalam pengobatan penyakit kardiovaskular karena mengandung pengencer darah alami yang membantu mengatasi pembekuan darah.

2. Manfaat Terapi Lintah Untuk Prosedur bedah (rekonstruksi dan mikro)

Pendarahan dari pembuluh darah kecil dapat terjadi sebagai akibat dari operasi. Hal ini dapat mengakibatkan kematian sel-sel jaringan. Banyak dokter berpendapat bahwa menggunakan pengobatan terapi lintah dapat membantu menyelamatkan kesehatan jaringan selama operasi.

Selama prosedur bedah, pengobatan terapi lintah bekerja ketika lintah menghisap drainase darah. Sifat pengencer darah dari air liur lintah juga mengurangi risiko kongesti vena yang merupakan komplikasi umum dari cedera traumatis dan bedah rekonstruksi yang dapat menyebabkan edema, memperlambat sirkulasi darah ke organ dan kematian sel.

Ada kekhawatiran bahwa gigitan lintah dapat meninggalkan luka berbentuk Y, tapi dokter mengatakan bahwa luka tersebut sembuh tanpa meninggalkan bekas luka atau komplikasi lain.

Lintah juga dapat membantu meningkatkan aliran darah setelah operasi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Plastic Surgery, pengobatan terapi lintah berhasil digunakan setelah operasi.

3. Manfaat Terapi Lintah Untuk Kanker

Pada tahun 2008, kanker bertanggung jawab untuk sekitar 13% dari semua kematian global. Ini tingkat yang mengkhawatirkan dan diperkirakan meningkat selama dua dekade berikutnya untuk mencapai 13,2 juta kematian pada tahun 2030.

Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari banyak antikoagulan, protease inhibitor (obat antivirus) dan komponen lain dalam air liur lintah mungkin lebih kuat dari beberapa obat kanker.

Telah dilaporkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam air liur lintah yang dikenal sebagai ghilanten dapat menekan pembentukan kanker payudara , melanoma , kanker paru-paru dan kanker prostat.

Baca juga : Obat Kanker Payudara 

Hirudin adalah peptida alami dalam kelenjar ludah lintah obat (Hirudo medicinalis) yang memiliki properti antikoagulan darah dan mungkin juga memiliki sifat melawan kanker.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Patent menemukan bahwa suntikan hirudin sintetis secara efektif bisa menghambat pembentukan berbagai sel tumor, seperti yang ada pada kanker payudara, kanker paru, kanker kandung kemih, sarkoma jaringan lunak, karsinoma kolorektal, limfoma dan leukemia.

Menurut sebuah studi tahun 2004, hirudin sintesis dapat menghambat pertumbuhan tumor dan pembibitan juga menghambat ke dalam darah dan organ sistematis.

4. Manfaat Terapi Lintah Untuk Komplikasi Diabetes

Diabetes telah dianggap sebagai pandemi global karena tingkat peningkatan progresif orang yang menderita penyakit tersebut, memungkinkan untuk menjadi beban di seluruh dunia pada tahun 2030 dengan 366 juta pasien diabetes.

Tidak ada penelitian yang menunjukkan terapi lintah telah digunakan untuk mengobati diabetes. Tetapi dapat digunakan untuk mengobati komplikasinya, termasuk aterosklerosis koroner, peningkatan kadar lipid darah, hiperglikemia, gangguan adhesi platelet, tekanan darah tinggi , stres oksidatif, inflamasi, dan faktor koagulasi.

Baca juga : Obat Herbal Diabetes Insipidus

Obat air liur lintah dapat mencegah pembekuan darah yang berhubungan dengan diabetes karena kemampuannya untuk mengikat trombin, enzim dalam plasma yang menyebabkan pembekuan darah. Selain itu, lintah memiliki faktor koagulasi lain yang dapat mengganggu protein dan peptida, yang bisa berguna sebagai terapi untuk orang-orang dengan diabetes

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Luka Internasional, terapi lintah digunakan untuk menyelamatkan kaki seorang wanita yang terkena diabetes sehingga bisa terhindar dari operasi.

Pasien diabetes dapat mengembangkan aliran darah yang berkurang ke anggota tubuh mereka sebagai akibat dari gangren. Hal ini penting untuk mengontrol gangren dengan meningkatkan aliran darah dan menurunkan lipidemia (kelebihan lemak dalam darah) dan tekanan darah. Banyak terapi tradisional Cina termasuk menggunakan lintah untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, yang dapat membantu meringankan gangguan koagulasi

5. Manfaat Terapi Lintah Untuk Penyakit Menular

Tingkatan terus meningkat dari penyakit menular yang menyebabkan penggunaan yang lebih tinggi dari antibiotik, yang mengakibatkan fenomena baru yang menantang, dikenal sebagai resistensi terhadap agen antimikroba. Lintah dapat digunakan untuk mengobati penyakit infeksi.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Kemoterapi, ekstrak lintah obat mengandung protein bernama destabilase yang mungkin memiliki sifat antibakteri untuk melawan strain bakteri. Sifat-sifat antibakteri bekerja dengan menghancurkan komponen seluler dari strain infeksi bakteri.

Sebuah studi pada tahun 2003 menemukan bahwa lintah mengandung neurosignaling dan peptida antimikroba yang menekan infeksi bakteri dan meningkatkan respon imun dari sel-sel yang diserang.

6. Manfaat Terapi Lintah Untuk Osteoarthritis

Pasien dengan osteoarthritis di lutut mereka melaporkan peningkatan menakjubkan 24 jam setelah lintah obat diterapkan. Hasilnya dilaporkan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Ayurveda.

Selama masa penelitian keseluruhan itu telah diamati bahwa rasa sakit dan kekakuan mulai menurun setelah terpai lintah pertama ditempelkan, dan setelah follow-up terakhir ada penurunan yang signifikan dalam gejala termasuk kekakuan, dan nyeri.

Para peneliti menyimpulkan bahwa terapi lintah dapat menjadi pengobatan simtomatik efektif untuk osteoartritis lutut.

7. Manfaat Terapi Lintah Untuk Masalah telinga

Lintah berhasil digunakan untuk pengobatan tinnitus, otitis akut dan kronis (radang telinga) dan gangguan pendengaran mendadak. Dalam kasus tersebut, hanya dua lintah yang digunakan dan ditempatkan satu di belakang telinga dan satu lainnya di atas rahang di depan telinga. Pengobatan diulang 2-3 kali dengan interval 3-4 hari.

8. Manfaat Terapi Lintah Untuk Kesehatan mulut

Beberapa laporan menyebutkan aplikasi lintah di lidah yang membengkak dapat dikaitkan dengan komplikasi yang mengancam jiwa seperti penyumbatan saluran udara, serta menggunakan lintah dalam penyakit gusi dan abses yang meradang di mana beberapa lintah langsung diterapkan pada abses tersebut.

Baca juga : Obat Kandidiasis Mulut

Kewaspadaan Terapi Lintah

Perhatian harus diambil jika dokter anda sedang mempertimbangkan terapi lintah. Karena ada sebagian   komplikasi seperti infeksi yang timbul dalam 2-36 persen pasien. Tidak ada laporan penyakit lintah menular; Namun, beberapa strain yang resisten terhadap beberapa antibiotik seperti penicillin, yang dapat meningkatkan resiko terkena infeksi.

Beberapa gejala terapi lintah dapat termasuk gatal, lecet dan kerusakan jaringan lokal. Meskipun gigitan lintah biasanya sembuh dengan cepat, beberapa kasus dapat menyebabkan tanda pada kulit. Pastikan untuk berbicara dengan dokter anda sebelum menggunakan jenis perawatan terapi lintah sebagai pengobatan ini adalah prosedur yang perlu diawasi oleh seorang profesional kesehatan.

Nah itulah manfaat kesehatan dari pengobatan terapi lintah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya.

Manfaat Kesehatan Dari Pengobatan Terapi Lintah

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.

DAPATKAN POTONGAN HARGA minimal pembelian 3 botol KLIK DISINI