Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kondiloma Akuminata

Umumnya, kutil adalah pertumbuhan cacat yang dihasilkan dari proliferasi jinak pada kulit dan mukosa di berbagai bagian tubuh. Secara khusus, pertumbuhan berkutil sekitar alat kelamin disebut kondiloma akuminata atau kutil kelamin. Selanjutnya, kutil anogenital ini yang sering ditemukan pada permukaan tubuh eksternal seperti batang penis dan skrotum pada laki-laki dan labia majora dari vagina pada wanita. Pada kedua jenis kelamin, mereka mungkin juga berada di sekitar atau di dalam anus. Meskipun kutil dapat terjadi menyerupai lesi soliter kecil sekitar 1 – diameter 5mm, mereka juga dapat tumbuh dan agregat menjadi massa besar di wilayah genital. Lalu apa penyebab, gejala dan pengobatan kondiloma akuminata yang tepat? Silahkan simak artikel ini jika Anda ingin jawabannya.

Statistik internasional telah menunjukkan bahwa human papilloma virus (HPV) yang bertanggung jawab untuk kutil genital sangat umum bahkan hampir semua orang yang aktif berhubungan seksual mungkin mengalami kontrak virus di beberapa titik dalam hidup mereka walaupun hanya 10% dari mereka yang akhirnya terkena untuk mengembangkan kutil. Namun, orang yang terinfeksi masih bisa menularkan virus ke orang lain bahkan jika mereka belum mengembangkan kutil apapun.

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kondiloma Akuminata

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kondiloma Akuminata

Di sini, Anda akan mendapatkan jawaban mengenai apa yang mungkin Anda pertanyakan mengenai kutil kelamin atau kondiloma akuminata.

1. Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin?

Kondiloma Akuminata adalah penyakit menular seksual yang sangat menular yang disebabkan oleh beberapa serotipe virus papiloma manusia (HPV) terutama 6 dan 11. Perhatikan bahwa 16 dan 18 serotipe virus yang sama telah terlibat dalam sebagian besar kasus kanker serviks. Virus papiloma manusia sering ditularkan melalui epitel rusak setiap kali ada kontak kulit-ke-kulit selama hubungan seksual vaginal, anal atau oral dengan pasangan yang terinfeksi. Bahkan, jika seseorang memiliki hubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi, ia mempunyai sebuah kesempatan 70% terinfeksi. Selain itu, juga telah menemukan bahwa kutil dubur atau alat kelamin dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat melahirkan.

2. Apa Gejala Yang Muncul Jika Mempunyai Kutil Kelamin?

Dalam sebagian besar kasus, infeksi HPV 6 dan 11 mungkin tidak menunjukkan gejala selain kutil. Kutil mungkin gatal dan menyebabkan kemerahan dan ketidaknyamanan. Mereka kadang-kadang terlihat seperti batang kecil dengan warna variabel. Pecahnya kutil dapat menyebabkan kecemasan dan tekanan psikologis pada beberapa orang.

3. Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Memiliki Kutil Kelamin?

Jika Anda melihat ada pertumbuhan baru di wilayah genital Anda, penting untuk Anda diperiksa oleh dokter Anda. Biasanya, diagnosis kutil kelamin dapat dilakukan pada pemeriksaan visual dan pemeriksaan pertumbuhan, meskipun sampel jaringan berkutil dapat diperoleh dengan biopsi dan mengirim konfirmasi histologis di laboratorium. Selanjutnya, tes DNA berguna dalam diagnosis infeksi HPV risiko tinggi seperti mereka yang menyebabkan kanker serviks.

4. Apakah Kondiloma Akuminata Bisa Diobati?

Karena tidak ada obat yang pasti untuk virus papiloma manusia, banyak pilihan pengobatan yang tersedia ditargetkan pada penghapusan kutil terlihat yang bahkan mungkin mundur spontan sendiri. Penghapusan dapat dicapai dengan ablasi fisik atau penerapan agen topikal. Eksisi bedah sederhana kutil di bawah anestesi lokal dapat dilakukan serta cryotherapy dengan nitrogen cair. Electrocauterization juga telah terbukti efektif. Atau, agen topikal seperti 0,15-0,5% podophyllotoxin, podophylline dan imiquimod dapat diaplikasikan di atas lesi.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba pengobatan tradisional yang tentunya lebih aman dan telah terbukti ampuh mengatasi kutil kelamin atau kondiloma akuminata hingga tuntas.

Simak informasi lebih lengkapnya, klik Obat Kondiloma Akuminata Tradisional

5. Bagaimana Kutil Kelamin Dicegah?

Singkatan populernya ialah ABC yang berarti A = abstinence (menahan nafsu), B = be devoted (setia pada satu pasangan), dan C = consistent (konsisten menggunakan kondom). Juga, Gardasil adalah vaksin polivalen yang telah menunjukkan efektivitas terhadap 6, 11, 16 dan 18 serotipe dari HPV. Perhatikan bahwa vaksin ini bekerja paling baik bila diberikan sebelum seseorang menjadi aktif secara seksual.

Itulah penyebab, gejala dan pengobatan kondiloma akuminata yang bisa kami tulis. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Salam hidup sehat.

Posted By : Jus Ace Maxs

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.

DAPATKAN POTONGAN HARGA minimal pembelian 3 botol KLIK DISINI