Tes Medis Untuk Memeriksa Saluran Tuba Falopi

Tes Medis Untuk Memeriksa Saluran Tuba Falopi,- Ada tanda tanda lahiriah yang menandakan adanya “penyumbatan pada saluran tuba falopi”. Jika anda pernah menderita penyakit radang panggul juga mempunyai risiko besar tersumbatnya saluran tuba falopi. Dokter memperkirakan setidaknya 3 dari 4 wanita yang memiliki penyakit menular seksual, menderita penyumbatan pada saluran tuba. Indikator utama penyumbatan saluran tuba falopi adalah ketidakmampuan untuk hamil. Untungnya, ada tes medis yang dapat mendeteksi kelainan atau penyumbatan. Jika ada bukti dari beberapa jenis penyumbatan pada tabung, penyelidikan lebih lanjut umumnya dilakukan dengan menggunakan laparoskop yang akan membantu dokter benar-benar melihat ke dalam tuba falopi. Baca juga : Obat Penyakit Tuba Falopi

Pada artikel kali ini kita akan jelaskan jenis jenis tes medis untuk memeriksa saluran tuba falopi secara pasti, apakah ada penyumbatan atau tidak.

Tes Medis Untuk Memeriksa Saluran Tuba Falopi

Tes Medis Untuk Memeriksa Saluran Tuba Falopi

1.Hysterosalpingogram (HSG)

Hysterosalpingogram adalah tes X-ray, menggunakan pewarna kontras untuk melihat rintangan dalam saluran tuba. Pewarna dimasukkan melalui tabung tipis yang ditempatkan melalui vagina, ke dalam rahim. Mengisi rahim dengan pewarna ini maka akan tumpah ke dalam tuba falopi. Sinar-X kemudian diambil untuk menentukan apakah ada cedera atau bentuk abnormal dari rahim dan saluran telur, termasuk obstruksi dalam tabung. Tes ini adalah tes nomor satu  yang digunakan untuk menentukan apakah ada penyumbatan di saluran tuba atau tidak.

2. Chromotubation

Tes ini mirip dengan hysterosalpingogram karena chromotubation juga termasuk pewarna yang dilewatkan ke dalam rahim dan tabung tuba juga. Tes ini dilakukan selama laparoskopi, sehingga dokter dapat melihat pewarna tumpah dari tabung falopi. Pewarna yang digunakan untuk prosedur ini tidak dapat dilihat pada X-ray, itu berwarna biru. Tes ini dianggap sebagai cara yang paling dapat diandalkan untuk menentukan penyumbatan tuba falopi, tetapi tidak memerlukan operasi.

3. Sonohisteroskopi

Ini adalah prosedur non-invasif di mana pencitraan USG digunakan untuk menentukan apakah ada kelainan pada organ reproduksi. Jenis tes tidak selalu menggunakan cara yang dapat diandalkan untuk menentukan penyumbatan tuba falopi sejak tabung sangat kecil. Tes ini dapat membantu untuk menentukan masalah hydrosalpinx atau lainnya seperti fibroid rahim.

Prosedur ini kadang-kadang digunakan untuk mendeteksi dan / atau untuk mengevaluasi lebih lanjut masalah dengan saluran tuba dan kelainan lain di panggul. Sebuah garam (saline) solusi disuntikkan ke dalam interior rahim melalui serviks selama ultrasonografi sehingga interior buncit dan kelainan dapat dilihat. Jika solusi mengalir ke saluran tuba, tabung tidak terhalang.

Proses Sonohisteroskopi cepat dan tidak memerlukan obat bius. Hal ini dianggap lebih aman daripada hysterosalpingography karena tidak memerlukan radiasi atau suntikan pewarna. Namun, mungkin tes ini tidak selalu akurat.

4. Laparoskopi

Jika bukti menunjukkan bahwa tuba falopi tersumbat atau bahwa seorang wanita mungkin memiliki endometriosis, tabung kecil yang disebut laparoskop dimasukkan ke dalam rongga panggul melalui sayatan kecil di bawah pusar. Biasanya, anestesi umum digunakan. Prosedur ini memungkinkan dokter untuk langsung melihat rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Instrumen dimasukkan melalui laparoskop juga dapat digunakan untuk mengeluarkan atau mengangkat jaringan abnormal di panggul.

5. Histeroskopi

Jika kelainan dalam rahim terdeteksi, dokter memeriksa rahim dengan tabung yang disebut hysteroscope, yang dimasukkan melalui vagina dan leher rahim ke dalam rahim. Jika adhesi, polip, atau fibroid kecil terdeteksi, instrumen dimasukkan melalui histeroskop dan dapat digunakan untuk mengeluarkan atau mengangkat jaringan abnormal, meningkatkan kemungkinan bahwa wanita akan hamil.

6. Tes darah

Kadang-kadang dokter melakukan tes darah untuk memeriksa antibodi terhadap klamidia. Kehadiran antibodi menunjukkan infeksi masa lalu dengan klamidia, yang dapat mengakibatkan infertilitas.

Posted By : Jus Herbal

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.

DAPATKAN POTONGAN HARGA minimal pembelian 3 botol KLIK DISINI